Kamis, 27 Juli 2017

Jangan Salah Pilih Sampo Atau Rambutmu Rontok !


Selama ini banyak yang menganggap remeh kehadiran sampo. Dan banyak banget kesalahan pemilihan tipe sampo dan cara pakainya. Padahal, pembuatan sampo itu melalui riset panjang lho !
Pokoknya, beli, pakai, cuci, keringkan, selesai. Eits, padahal, pemakaian sampo yang salah bisa berakibat fatal. Dan penggunaan sampo yang tepat akan memberikan manfaat dan hasil yang maksimal untuk kesehatan rambutmu.


Jadi, gimana donk memilih sampo yang tepat ?

Oke deh, yang pertama sekali, sampo itu untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Fungsinya membersihkan sisa kotoran dan minyak di kulit kepala, membuka sisik kutikula pada batang rambut sekaligus mengeluarkan kotoran yang terselip di dalam sisik kutikula batang rambut.

Juga terdapat banyak tipe sampo, di antaranya :

  • Sampo normal. Yang memiliki kandungan yang biasa untuk rambut yang tidak mengalami perlakuan kimiawi seperti smoothing, keriting, pewarnaan dan sebagainya. Walaupun rambutnya masih alami, gunakan sampo yang berkualitas baik, karena rambut akan bercerita tentang perlakuan kita terhadapnya. Rambut akan berkilau kalau kita memperlakukannya dengan baik. Kamu bisa menggunakan sampo Matrix Hydra yang mempertahankan kelembaban rambut.
  • Sampo perawatan, yang mengandung banyak nutrisi untuk merawat dan memperbaiki rambut yang rusak akibat melalui banyak perlakuan kimia seperti smoothing, keriting, catok, blow rambut dan sebagainya. Pilih sampo dengan kandungan yang berkualitas, karena semakin bagus maka kondisi rambut akan semakin cepat pulih. Harga dan kualitas tidak pernah berbohong. Contoh sampo yang cocok adalah sampo Matrix Repair Inside atau Fiberstrong. Juga bisa menggunakan sampo Terra Diverde dari Sinergia Beaute.
  • Sampo anti ketombe, yang mengandung kandungan obat di dalamnya, membersihkan kulit kepala dan mengurangi produksi minyak di kepala. Tapi, hati-hati, pemakaian yang kurang tepat malah akan mengakibatkan ketombe makin banyak dan produksi minyak di kulit kepala bertambah. Hayooo, padahal kan kalau dipakai dan cocok, bakalan digunakan terus-menerus kan ? Padahal sebenarnya, ada tata cara penggunaannya yang tepat lho. Nanti ya dijelaskan di artikel berikutnya. Contoh sampo yang cocok adalah sampo Matrix Anti Ketombe serial Scalppure.
  • Sampo warna, yang melindungi rambut yang diwarnai. Warna akan bertahan lebih lama kalau menggunakan sampo ini. Tapi itu akan tergantung pada intensitas kekerapan pewarnaan rambut. Kalau sering mewarnai, sampo ini bisa digunakan terus menerus. Tapi kalau hanya sesekali diwarnai, sampo ini harus diganti dengan sampo perawatan lainnya setelah penggunaan dalam tempo tertentu, karena sampo ini bersifat basa, sehingga akan mengakibatkan rambut menjadi lepek dalam pemakaian jangka panjang. Contoh sampo yang cocok adalah sampo Matrix Color Blast
  • Sampo untuk rambut yang lurus/smoothing. Sampo ini akan membuat rambut semakin lurus, mengkilap dan rapi karena mengandung kelembaban yang sangat tinggi. Contoh samponya adalah sampo Smootherapy Matrix
  • Sampo untuk rambut keriting/volume. Sampo ini cocok untuk yang berambut keriting dan ingin tekstur rambut keritingnya mengembang, atau untuk yang rambutnya agak lepek supaya terlihat lebih bervolume. 
Jadi, jangan salah pilih sampo yaaa. Karena setiap sampo memiliki karakter sendiri, dan kalau salah cara pemakaian bisa mengakibatkan rambut berminyak, berketombe dan beresiko rontok. Dan jangan lupa lanjut dengan kondisioner. 

Oleh : Enny Kwan

0 komentar:

Posting Komentar